10 Karya Seni Terbaik di Dunia

1. Leonardo da Vinci – The Fetus in the Womb (c 1510-13)

Leonardo mengungkapkan kondisi manusia secara singkat – memang, penampilan rahimnya menyerupai selubung horsechestnut terbuka. Di dalam adalah awal dari kita semua terbuka. Lima ratus tahun yang lalu, seniman dan ilmuwan ini dapat menggambarkan misteri manusia dengan keajaiban yang bukan agama tetapi secara biologis ia mengangkat kemanusiaan sebagai fakta alam. Bagi saya ini adalah karya seni terindah di dunia.

2. Caravaggio – Pemenggalan Santo Yohanes Pembaptis (1608)

Caravaggio menunjukkan momen pembunuhan di halaman penjara. Algojo telah mengambil pisau untuk memotong tendon terakhir dan kulit leher Yohanes Pembaptis. Seseorang menyaksikan momen mengerikan ini dari jendela berjeruji. Di sekelilingnya suram. Kematian dan kekejaman manusia ditelanjangi oleh mahakarya ini, karena skalanya dan bayangan menakutkan dan memiliki pikiran.

3. Rembrandt – Potret Diri dengan Dua Lingkaran (c 1665-9)

Anda tidak melihat Rembrandt. Dia melihatmu. Wewenang genius dan usia memandangi karya agung musim gugur ini dengan pengawasan moral yang menakutkan. Rembrandt tampaknya melihat ke dalam jiwa yang melihatnya dan merasakan setiap kegagalan. Dia seperti Tuhan. Dia adalah artis paling serius dari semua, karena dia membuat semua orang yang berdiri di depannya seorang pemohon di pengadilan kebenaran.

4. Lukisan gua Chauvet (c 30, 000 tahun yang lalu)

Siapa yang melukis potret binatang yang sangat hidup ini? Tidak ada yang namanya menulis di zaman es sehingga tidak ada yang diketahui nama-nama, jika mereka memiliki nama, dari orang-orang awal ini. Artis gua mungkin adalah wanita; mereka mungkin anak-anak. Apa yang diketahui adalah bahwa Homo sapiens, spesies manusia kita, membuat tanda dengan lukisan-lukisan ini yang seindah dan sepintar apa pun yang diciptakan.

5. Jackson Pollock – One: Number 31, 1950 (1950)

Seni Jackson Pollock adalah misteri modern. Bagaimana, dari melemparkan cat pada kanvas yang diletakkan di tanah, ia menciptakan keindahan dan struktur batin seperti itu? Seperti solo oleh Charlie Parker atau Jimi Hendrix, improvisasi bentuk bebasnya berputar dan terhuyung-huyung namun mencapai kesatuan yang dalam. Pollock hanya menyatukan ini untuk waktu yang singkat. Lukisan ini adalah katedral pikiran.

6. Velázquez – Las Meninas (c 1656)

Raja dan ratu berdiri di tempat Anda berdiri, di depan pertemuan orang-orang istana. Velazquez melihat dari potret dia melukis pasangan kerajaan. The Infanta dan pengiringnya nya pembantu (Meninas) dan penghibur kerdil berkumpul sebelum raja. Di kejauhan, seorang menteri atau utusan berada di pintu. Di cermin yang terang, pantulan kerajaan bersinar. Lukisan ini adalah model keanehan dunia yang berlapis-lapis.

7. Picasso – Guernica (1937)

Ketika Picasso mulai melukis protesnya di pemboman Guernica, ibukota Basque kuno, oleh angkatan udara Hitler atas nama Franco dalam Perang Saudara Spanyol, ia berada di puncak kekuasaannya. Tiga puluh tahun setelah melukis granat modernis subversifnya tentang gambar Les Demoiselles d’Avignon , kecerdasan kubisnya sekarang diperkaya oleh mitologi dan puisi yang dilepaskan oleh gerakan surealis. Dia juga melihat kembali ke lukisan-lukisan bersejarah seperti Raphael’s Fire in the Borgo saat dia menuliskan pernyataan manusia terbesar abad ke-20.

8. Michelangelo – Tahanan (c 1519-34)

Tahanan Michelangelo, atau Budak, dimulai untuk makam Paus Julius II tetapi tidak pernah selesai. Secara keseluruhan – termasuk Budak Sekarat dan Pemberontak di Louvre dan patung Musa pada versi final, makam yang akhirnya didirikan di Roma – ini merupakan mahakarya terbesar yang belum selesai di dunia. Namun Michelangelo tidak meninggalkan hal-hal yang belum selesai karena malas. Itu adalah pilihan estetika. Kekuatan tragis dari para tahanan ini ketika mereka berjuang untuk keluar dari batu mentah adalah ekspresi dari kondisi manusia yang sama dengan Hamlet Shakespeare.

9. Patung Parthenon (447-442 SM)

Hiasan marmer panjang, patung kolosal para dewa yang sedang berbaring, dan ukiran centaur yang hingar-bingar melawan manusia yang Lord Elgin singkirkan dari Akropolis Athena dua abad yang lalu dikenal sebagai objek kontroversi – yang menyedihkan, karena kita harus kagum pada karya mereka jenius. Sebagian besar patung Yunani kuno terbaik hanya diketahui melalui salinan Romawi. Ini adalah pertemuan terhebat di mana pun dari hal yang nyata: seni yang menciptakan gagasan “klasik”. Memandangi lembu jantan rendah yang mengilhami Ode Keats pada Grecian Urn dan para dewi yang jubahnya sangat mirip dengan gambar oleh Leonardo da Vinci. Secara artistik, di luar percekcokan, tidak ada yang lebih baik dari ini.

10. Cézanne – Mont Sainte-Victoire (1902-4)

Visi Cezanne yang rusak adalah serangkaian kilasan dan keragu-raguan serta pertimbangan ulang. Intensitas tatapannya dan keparahan pikirannya ketika ia mencoba untuk melihat dan entah bagaimana memahami esensi gunung di hadapannya adalah salah satu perjuangan yang paling mengharukan dan mengungkap dalam sejarah seni. Dari situ, dengan sangat cepat, muncul kubisme dan abstraksi. Tetapi bahkan jika penelitian Cezanne tidak menghasilkan apa-apa, mereka akan menempatkannya di antara artis-artis terhebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *