5 Tips Memilih Breast Pad Bagi Ibu Menyusui

Setelah melahirkan tentu ada yang namanya proses menyusui. Langkah menyenangkan bila proses pemberian ASI kepada si kecil bisa lancar dilakukan. Artinya ASI ibu tetap deras untuk kecukupan nutrisi bagi bayi yang baru lahir. Namun ada kalanya, ASI yang terlalu lancar, hingga membuat anda tidak terlalu nyaman karena air ASI menembus keluar bra. Salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan breast pad.

Produk bantalan ini memang dirancang untuk menyerap ASI ibu yang sering menetes deras dan menembus pakaian. Karena saat ASI terlalu banyak tumpah bisa membuat penampilan ibu jadi tidak nyaman. Oleh karena itu penggunaan breast pad sangat diperlukan agar ASI tetap terkontrol meskipun deras mengalir. Ada beberapa tips saat memilih bantalan ASI ini, agar anda menemukan yang nyaman.

  1. Sesuaikan Ukuran

Untuk mendapatkan bantalan pelindung ASI sebaiknya sesuaikan dengan ukuran payudara anda. Jika bantalan tersebut ukurannya tidak sesuai maka akan menyembur keluar dari bra. Penggunaan seperti ini tentu akan mengurangi efektifitas dari breast pad dalam bekerja. Apalagi jika ukurannya terlalu kecil maka akan mudah bergeser sehingga tidak bisa tepat berada di depan puting anda. Belum lagi saat bagian perekatnya tidak bagus, kinerja nya jadi buruk dan membuat ASI malah tetap merembes keluar pakaian.

  1. Punya Daya Serap Bagus

Bantalan ASI yang Anda pilih harus punya kualitas serapan yang bagus. ada baiknya anda memilih bantalan untuk ASI ini.  Dengan bahan alami yang terbuat dari serat bambu karena akan mengurangi rasa gatal di sekitar payudara anda. Apalagi bagi Anda yang punya kulit sensitif dan mudah iritasi. Kualitas serapan dari bantalan ASI ini sejalan juga dengan harganya yang biasanya lebih mahal.

  1. Pertimbangkan Bahan

Anda harus mempertimbangkan bahan apa yang digunakan pada breast pad. Sebaiknya gunakan yang punya bahan lembut dan memberikan Anda kenyamanan ketika digunakan. Jangan pilih yang berbahan plastik karena membuat payudara anda jadi terlalu sesak dan puting seakan tidak bisa bernapas.

  1. Pilih Tipe Breast Pad

Sebaiknya pilih bantalan ASI yang punya tipe sesuai dengan kebutuhan anda. Bantalan ASI yang banyak beredar di pasaran adalah tipe washable yang terbuat dari bahan kain atau disposable. Untuk tipe washable bisa anda pilih karena harganya yang lebih terjangkau dan bisa digunakan berkali-kali. Pilihan bahannya juga banyak dengan kualitas berbeda-beda. Belum lagi modelnya juga lebih inovatif dengan daya serap yang lebih tinggi dan punya sirkulasi udara lebih baik.

Sementara untuk bantalan ASI  disposable bisa dipilih karena bunyi tingkat praktis yang lebih tinggi dan juga daya serapnya tinggi. Bisa dipastikan ASI Anda tidak akan bocor dan tidak menimbulkan bercak pada pakaian. 

  1. Perhatikan Kuantitas ASI

Yang tak kalah penting diperhatikan ketika memilih breast pad tentunya adalah kuantitas dari ASI anda sendiri serta umur bayi. Pertama ketika anda memiliki bantalan asik sekali pakai. Saat bayi masih berumur dibawah 6 bulan maka kuantitas ASI masih cukup besar. Sehingga Anda perlu memilih produk bantalan asli dengan daya serap yang tinggi.

Lalu ketika anak sudah mulai mengkonsumsi MPASI, kuantitas ASI akan berkurang. Saat seperti ini anda boleh memilih bantalan ASI dengan bahan kain karena lebih ideal dan tidak memerlukan daya serap yang sangat tinggi.

Demikian beberapa tips dalam memilih breast pad. Temukan bantalan ASI paling mudah hanya di Blibli dengan kualitas dan model beragam. Belum lagi di Blibli, Anda akan menemukan bantalan asi dengan harga yang terjangkau mulai dari puluhan ribu saja dan merk terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *