Berbicara Mengenai Neuroblastoma : Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Penyembuhannya.

sumber gambar: sehatq.com

Pengertian neuroblastoma ialah sejenis kanker langka yang tumbuh dan berkembang dari sel sel saraf (neuroblast) yang belum matang pada usia anak-anak berusia 5 tahun ke bawah. Awalnya, neuroblast harus tumbuh dan bertugas sebagai sel saraf justru malah membentuk suatu benjolan berupa tumor padat. Penyakit ini biasanya terjadi pada jaringan saraf tulang belakang yang berada disekitar leher, panggul, dada, hingga perut. Selain itu, juga bisa terjadi pada salah satu kelenjar adrenal yang berada di atas ginjal. Bersumber dari alodokter.com perkembangan penyakit ini dikelaskan menjadi 4 kelompok disesuaikan tingkat keparahannya, dari stadium 1 – 4.

  1. Stadium 1 à penyebaran kanker hanya pada satu lokasi, tidak menyebar, dan mudah dihilangkan setelah operasi.
  2. Stadium 2 à penyebaran kanker melambat, tidak mudah dihilangkan dengan melakukan operasi, dan masih berada dalam satu tempat.
  3. Stadium 3 à tumor yang dialami tidak bisa dihilangkan dengan melakukan operasi sebab memiliki ukuran yang besar.
  4. Stadium 4 à kanker sudah menyebar ke organ-organ lain.

Penyakit ini akan cepat tertular kepada orang lain. Misalnya di daerah kelenjar getah bening, kulit, sumsum tulang, hati, dan tulang. Jika anda tertular, anda dapat mengenali beberapa gejalanya. Gejala penyakit ini beragam disesuaikan dengan bagian tubuh yang terdampak. Misalnya :

  1. Jika penyakit ini menyerang sekitar dada, penderita akan mengeluhkan nyeri dada, perubahan ukuran pupil mata, sesak napas yang disertai mengi, dan kelopak mata menurun.
  2. Jika seseorang menderita neuroblastoma yang menyerang sekitar perut maka gejala yang dapat dikenali ialah mengalami nyeri perut, berat badan menurun, konstipasi, nafsu makan berkurang, dan kulit perut terasa keras ketika disentuh.
  3. Jika penyakit ini menyerang sekitar saraf tulang belakang, tubuh bagian bawah menjadi lemah, mengeluhkan gangguan pergerakan, dan mati rasa.

Ketika anda sudah paham mengenai pengertian neuroblastoma, mari kita bahas topik yang menyebabkan munculnya penyakit ini. Seperti kebanyakan jenis kanker, penyakit ini belum dapat dipastikan untuk penyebab pastinya. Belum dapat dibuktikan secara pasti  apa yang membuat cikal bakal sel saraf tidak matang hingga dibiarkan berkembang menjadi neuroblastoma. Namun, beberapa ilmuwan berpendapat bahwa ini terjadi akibat adanya kerusakan pada gen neuroblast sehingga menyebabkan sel mudah membelah diri tanpa terkendali dan berkembang menjadi tumor.

Bahasan selanjutnya pengertian neuroblastoma ialah proses penyembuhan. Ini adalah bagian penting untuk seseorang yang sudah terdiagnosis penyakit ini. Seperti gejalanya, pengobatan neuroblastoma juga disesuaikan dengan tingkat persebarannya. Ada beberapa pilihan pengobatan yang disarankan oleh dokter, meliputi operasi, radioterapi, dan kemoterapi.

  • Operasi

Dalam hal ini, operasi yang dilakukan ialah operasi pengangkatan tumor agar tumor dapat dihilangkan sebanyak mungkin. Adanya operasi akan membantu pasien untuk mengatasi neuroblastoma yang belum menyebar. Akan tetapi, jika tumor berada di sekitar organ vital maka langkah ini menjadi berbahaya dan beresiko bagi kesehatan. Jadi sebaiknya pasien menggunakan pengobatan selain operasi. Sebab, setelah operasi pun, pasien harus melakukan rangkaian proses penyembuhan lainnya, seperti melakukan radioterapi dan kemoterapi agar sisa sel kanker hilang sampai keakar-akarnya.

  • Radioterapi

Pengobatan melalui cara ini hampir sama dengan kemoterapi, yaitu agar sel kanker menjadi hancur. Akan tetapi, pengobatan radioterapi menggunakan sinar berenergi tinggi. Radioterapi dapat dijadikan sebagai pilihan apabila pengobatan kemoterapi dan operasi tidak dapat menyembuhkan anda dari kanker.

  • Kemoterapi

Biasanya pemilihan pengobatan ini dilakukan ketika ukuran tumornya sudah membesar dan cukup menyebar. Hal ini karena operasi pengangkatan tumor hanya dilakukan ketika tumor masih berukuran kecil. Ketika sudah membesar maka kemoterapi menjadi pilihannya. Prosedur ini memanfaatkan bahan kimia untuk menghentikan pertumbuhan kanker agar kian menyusut. Setelah tumor menyusut maka pasien baru bisa melakukan operasi.

Dikutip dari sehatq.com, pengobatan lain yang dapat menjadi alternatif pasien neuroblastoma ialah melakukan imunoterapi dan transplantasi sel induk (stem cell). Menurut artikel halodoc.com, biasanya dokter akan memanfaatkan antibodi monoklonal dan vaksin agar sistem imun tubuh pasien terhadap penyakit ini meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *