Biografi BJ Habibie

Hasil gambar untuk bj habibie

Dari kisah asmarannya dengan Ibu Ainun yang merupakan istrinya yang paling ia cintai oleh BJ Habibie.

BJ Habibie, yang merupakan presiden ketiga Republik Indonesia, adalah sosok yang dikenal karena kecerdasannya.

Dia telah mempelajari teknik penerbangan dan khusus dalam pembangunan pesawat yang juga berhasil merakit pesawat Indonesia pada waktu itu.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami rangkum biografi secara lengkap dari toriqa.com untuk anda.

Biografi BJ Habibie

Presiden Indonesia BJ Habibie

Presiden Indonesia BJ Habibie

Nama Lengkap: Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie

Nama populer: BJ Habibie

Istri: Hasri Ainun Besari

Tempat, Tanggal Lahir: Pare-pare, 25 Juni 1936

Masa jabatan untuk Presiden: 21 Mei 1998-20 Oktober 1999

Pendidikan: Sekolah Tinggi Dago, Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB), RWTH Aachen

Anak-anak: Ilham Akbar, Thareq Kemal

Bacharuddin Jusuf Habibie adalah nama lengkap BJ Habibie. Ia dilahirkan pada 25 Juni 1936 di Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Presiden ketiga Indonesia ini menempuh pendidikan sekolah menengah di SMA Dago, Bandung pada tahun 1954.

Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di ITB (Institut Teknologi Bandung).

Namun, hanya beberapa bulan di ITB maka ia memutuskan untuk mengikuti jejak teman-temannya untuk belajar di Jerman. Tetapi tidak seperti yang lain, ia tidak menggunakan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan studinya di Jerman tetapi menggunakan biaya sendiri dari ibunya, R.A. Tuti Marini Puspowardojo.

Mengingat pesan Bung Karno tentang pentingnya menguasai teknologi dengan perspektif nasional, yaitu teknologi maritim dan teknologi dirgantara ketika Indonesia masih berkembang, akhirnya BJ Habibie diberi kesempatan untuk belajar di Jerman.

Pada waktu itu pemerintah Indonesia di bawah Sukarno secara agresif mendanai ratusan pelajar Indonesia yang cerdas untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri dan belajar di sana.

Diantaranya habibi, beliau adalah kelompok kedua di dari ratusan siswa sekolah menengah yang secara khusus dikirim ke berbagai negara.

Habibie kemudian lebih memilih jurusan teknik penerbangan yang berspesialisasi dalam pembangunan pesawat di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule.

Biografi BJ Habibie: Kehidupan Kuliah di Jerman

Pendidikan yang dilakukan oleh BJ Habibie di luar negeri bukan kursus kilat tetapi itu adalah sekolah selama bertahun-tahun saat berlatih. Sejak awal Habibie memang tertarik pada bagaimana membangun pesawat komersial untuk orang Indonesia yang merupakan ide Soekarno selama masa jabatannya.

Darisana kemudian muncul perusahaan strategis, ada PT PAL dan salah satunya adalah IPTN.

Kemudian ketika BJ Habibie tiba di Jerman, Habibie memiliki tekad untuk benar-benar pergi ke luar negeri dan harus pulang dengan sukses, mengingat upaya ibunya untuk membayar studinya dan kehidupan sehari-hari.

Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1955 di Aachean, 99% siswa Indonesia yang belajar di sana diberikan beasiswa penuh. Hanya dia yang memiliki paspor hijau atau pribadi daripada teman-teman lain.

Bagi Habibie di luar negeri, musim liburan bukan liburan baginya, melainkan menjadi peluang emas yang harus diisi dengan ujian dan mencari uang untuk membeli buku. Setelah masa liburan berakhir, semua kegiatan dikecualikan kecuali belajar.

Tidak seperti teman-teman lain, mereka menggunakan lebih banyak waktu liburan musim panas untuk bekerja, mencari pengalaman dan uang tanpa mengikuti ujian.

Kemudian pada tahun 1960, BJ Habibie menerima gelar Ing Diploma, dari Technische Hochschule dengan gelar cumlaude (sempurna) yang rata-rata 9,5.

Dengan seorang insinyur yang dikantongi, Habibie muda itu mendaftarkan diri untuk bekerja di Talbot Firm yang merupakan industri kereta api Jerman.

Setelah itu ia melanjutkan studinya untuk mendapatkan gelar doktor di Technische Hochschule Die Facultaet Fure Maschinenwesen Aachen kemudian menikah pada tahun 1962 dengan Hasri Ainun Habibie yang kemudian dibawa ke Jerman.

Hidupnya semakin sulit di Jerman, pagi-pagi sekali Habibie harus berjalan cepat ke tempat kerjanya yang jauh untuk menghemat biaya hidup dan kemudian pulang pada malam hari dan belajar untuk studinya.

Itu penuh tikungan tetapi mendapat hal yang manis di akhir hidupnya dengan kembali ke Indonesia untuk membuat pesawat Indonesia dan kemudian menjadi presiden Republik Indonesia.

Biografi BJ Habibie: Hobi Berkuda

Habibie memiliki kecenderungan untuk menunggang kuda dan membaca. Ia dikenal pintar sejak bersekolah di sekolah dasar, tetapi ia harus kehilangan ayah tercintanya yang meninggal pada 3 September 1950 karena serangan jantung.

Dia adalah sosok yang populer sejak sekolah dengan segudang prestasi.

Itulah biografi BJ Habibie, Presiden Indonesia ketiga. Biografi BJ Habibie adalah salah satu biografi terlaris dalam sejarah biografi. Biografi BJ Habibie ditulis dalam bentuk buku, film, dll. Salah satu biografi BJ Habibie adalah Habibie Ainun.

Semoga biografi BJ Habibie ini dapat menginspirasi Anda dan terus menginspirasi. Jangan lupa untuk mengikuti halaman Facebook, saya mengerti

Biografi BJ Habibie, The Visionary dan Genius

Negara Indonesia adalah negara kaya. Tidak hanya kaya dalam hal sumber daya, Indonesia juga memiliki banyak anak muda yang unggul dan cerdas di semua bidang.

Meski begitu, terkadang kurangnya apresiasi terhadap anak-anak bangsa yang cerdas ini menjadi kendala bagi mereka untuk mengembangkan diri sehingga mereka memilih untuk mengembangkan diri di negara lain.

Dari sekian banyak anak dari prestasi bangsa, tentunya sosok BJ Habibie tidak dapat dipisahkan. Biografi BJ Habibie juga dicari karena banyak orang tertarik pada kisah hidup jenius visioner ini.

BJ Habibie terkenal dengan kecerdasannya yang sudah dikenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara lain.

Dia juga memegang kursi Presiden ketiga Republik Indonesia. Kecerdasan BJ Habibie juga telah dibuktikan dengan adanya formula yang disebut Habibie Factor di mana formula ini digunakan untuk menghitung retakan pesawat dengan akurasi tinggi.

BJ Habibie semakin dihormati karena dia juga mampu menunjukkan cintanya kepada istrinya yang telah divisualisasikan dalam film berjudul Habibi dan Ainun yang dibuat beberapa tahun lalu.

Tidak heran sekarang bahwa biografi BJ Habibie dicari untuk mengenal sosoknya dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *