Desain dan Kelebihan Kursi Rotan Asli

Sebagai negara pemasok rotan sebanyak 70% di dunia, tentunya furniture berbahan dasar rotan tidak lagi asing di Indonesia. Rotan sendiri merupakan sejenis tanaman gulma yang menempel pada pohon induk.  Sehingga tanaman ini mudah dibudidayakan dan cepat tumbuh.

Salah satu furniture rotan yang paling banyak diminati masyarakat berupa kursi. Bahan dasar kursi rotan terdiri dari rotan alami dan sintetis(buatan). Untuk jenis kursi rotan asli lebih kuat dan awet dibandingkan dengan kursi rotan sintetis. Akan tetapi dari segi desain, kursi rotan sintetis lebih unggul.

Berbagai Jenis Desain Rotan

Sifat rotan yang lentur memberi kemudahan untuk mendesainnya. Tak jarang banyak kreasi desain kursi rotan yang memiliki khas anyaman tangan. Biasanya setiap daerah memiliki karakter tersendiri untuk setiap furnitur yang dihasilkan.

Furnitur Jepara dan mebel Jepara merupakan salah satu furnitur yang cukup terkenal sejak zaman Belanda hingga saat ini. Karakter desainnya yang berciri khas serta penggunaan rotan asli, sangat cocok untuk desain interior maupun eksterior hunian Anda. Sejauh ini, kreasi desain rotan mulai banyak berkembang di berbagai daerah.

Berikut ini aneka ragam desain kursi rotan asli.

Gaya Klasik

Kursi rotan bergaya klasik memiliki ukuran yang relatif besar dan hampir seluruh kursi dibalut dengan anyaman rota asli. Bahkan rangka-rangkanya pun terbalut dengan rotan. Bentuk kursi rotan gaya klasik ini biasanya banyak ditemui mirip seperti bulu merak yang mekar.

Gaya Modern

Berbeda dengan gaya klasik yang mana seluruh permukaan kursi hingga rangka ditutupi anayaman rotan, desain gaya modern ini tidka lagi ditutupi anyaman rotan untuk seluruhnya. Pada bagian dudukannya diberi bantalan busa yang empuk dan nyaman. Sehingga secara nilai ergonomis atau pemakaian, lebih fleksibel dan tidak kaku.

Gaya Kontemporer

Umumnya kursi rotan dengan gaya kontemporer memiliki desain yang selalu up to date dan mengikuti perkembangan zaman. Dengan desain yang minimalis dan lebih kreatif, serta penggunaan material rotan yang lebih efisien,  kursi rotan dengan gaya  kontemporer menjadi rekomendasi pilihan untuk mempercantik hunian Anda yang minimalis.

Kelebihan Kursi Rotan

Daya tahan kursi rotan asli tidak diragukana lagi. Anda tidak perlu lagi takut terjatuh karena kekuatannya dan kukuh. Selain itu, masih ada beberapa kelebihan kursi rotan:

Kukuh Tetapi Tetap Ringan

Meskipun telah diketahui kursi rotan sangat kuat, kukuh dan tidak mudah rusak, tetapi bobonya ringan sehingga mudah dipindahkan atau digeser. Biasanya banyak dipilih untuk hotel atau restoran. Di samping itu, anyamannya yang merupakan warisan turun temurun memiliki nilai estetis dari para pengrajin rotan.

Contohnya mebelĀ  Jepara yang telah dibahas sebelumnya. Warisan turun temurun daerah Jepara dari zaman kerajaan dan mulai terkenal hingga zaman Belanda memberikan kesan historial untuk setiap kursi rotan yang dihasilkan. Sentuhan naturalnya pun juga maish terjaga.

Ramah Lingkungan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Rotan merupakan tanaman yang mudah dibudidayakan dan tumbuh cepat. Sehingga pasokan bahan baku untuk membuat kursi rotan asli tetap lancar. Hal ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk menjaga keseimbangan alam dengan tidak menebang pohon.

Mudah Dirawat

Berbeda dengan kursi sofa yang mana Anda harus membersihkan noda dengan dicuci dan cukup lama juga untuk menunggu kembali kering Kursi rotan, hanya perlu disiram dnegan air atau dilap dengan lap basah. Sifat rotan yang mudah menyerap air dna mudah kering ketika dibersihkan dari kotoran, membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan ringan.

Disamping itu, apabila terjadi kerusakan, Anda cukup mengganti anyamannya saja pada bagian yang rusak dan tidak perlu seluruhnya. Tetapi pelru diketahui juga, untuk menjauhkan kursi rotan daripaparan sinar matahari langsung dan hujan. Jadi apabila kursi rotan dipilih untuk desaineketrior rumah, usakahan terdapat atap diatasnya ya.

Dari paparan diatas apakah Anda tertarik untuk memilih kursi rotan asli menjadi furnitur pelengkap hunian Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *