Gunung Tangkuban Perahu, Antara Mitos dan Keindahan Alam

halimtrans.com sewa elf ke Gunung Tangkuban Perahu

Sebelumnya kami pernah mengulas tentang beberapa objek wisata di Bandung dan sekitarnya yang dapat dijangkau menggunakan layanan sewa mobil elf, ini adalah lanjutan dari seri artikel wisata yang mungkin berguna bagi anda.

Gunung Tangkuban Perahu adalah satu dari obyek wisata di daerah Bandung yang cukup dikenal oleh masyarakat. Dan anda tentu masih ingat pada legenda Sangkuriang yang dengan sekuat tenaga menendang perahu untuk berlayar di danau Bandung, hingga tertelungkup dan menjadi Gunung yang kita kenal sekarang ini, Gunung Tangkuban Perahu.

Terlapas dari mitos ini, Gunung Tangkuban Perahu adalah destinasi wisata yang menawarkan pesona alam nan indah. Di tempat ini wisatawan bisa mengunjungi beberapa kawah seperti Kawah Upas, Kawah Ratu, Kawah Domas, Jurig, Badak, Jurian, Kawah Siluman, dan Paguyuban Badak. Namun Kawah Ratu adalah yang terbesar dan bersebelahan dengan Kawah Upas. Semua kawah ini masih aktif, dan mengeluarkan asepbelerang.

Gunung Tangkuban Perahu berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Bandung. Jika memakai kendaraan pribadi paling tidak akan memakan waktu 50 menit untuk sampai di sini. Dari obyek wisata ciater, waktu tempuhnya hanya 15 menit saja. Jika anda datang dari arah Jakarta, anda harus melalui Tol Sadang.

Dari gerbang utama hingga ke lokasi kawah jalannya terus menanjak. Untuk menyiasati kondisi ini anda harus memperhatikan kondisi kendaraan, terutama sistem pengereman. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp. 13.000 per orang sedangkan untuk wisatawan mancanegara lebih mahal, sekitar Rp. 50.000. Tiket masuk untuk kendaraan bermotor ada di kisaran Rp. 5.000 sampai Rp. 25.000 per kendaraan.Gunung Tangkuban Perahu beralamat di Jalan Raya Tangkuban Perahu No. 282, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat 40391.

Gunung Tangkuban Perahu berada di ketinggian 2.084 mdpl. Suhu di kawasan ini sejuk sekali bahkan di siang hari. Koordinatnyan berada di posisi 60 46’LS 1070 36’ BT (Trop. Nederl. 1938). Di samping itu, tempat ini identik dengan tempat outing yang bagus. Acara gathering, prewedding, dan lain-lain bisa dilakukan di sini.

Fasilitas di Gunung Tangkuban Perahu cukup memadai. Pihak pengelola menyediakan Shuttle Bus dengan rute Jayagiri – Kawah Ratu (PP). Ada juga toko souvenir untuk membeli oleh-oleh yang berada di sepanjang jalan masuk ke lokasi kawah. Gunung Tangkuban Perahu dibuka setiap hari dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *