Inilah Fungsi Dari Jendela Dan Ragam Jenis Jendela Aluminium

gambar jendela aluminium tangerang

Jendela Aluminium – Dalam perkembangannya, saat ini jendela sudah berkembang menjadi banyak figur seperti jendela aluminium Tangerang yang terbuat dari bahan aluminium dan juga memiliki banyak fungsi serta manfaatnya. Apa saja manfaat dari jendela? Informasinya akan disampaikan di bawah ini.

Manfaat penting dari jendela yaitu, sebagai berikut;

1. Jendela sebagai tempat masuk udara dan sinar matahari

Jendela memiliki manfaat yang sangat penting untuk masuknya sinar matahari, utamanya pada pagi dan juga siang hari. Dengan masuknya sinar matahari, maka keadaan rumah akan menjadi lebih jelas, serta dalam ruangan tak perlu membutuhkan cahaya lampu tambahan. Sirkulasi ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi pemakaian listrik yang akan menjadi lebih murah dan juga lebih hemat.

2. Jendela digunakan untuk mengamati keadaan di luar ruangan

Manfaat dari jendela yaitu tentu saja untuk membantu memandang keadaan yang terjadi di luar ruangan. Jendela yang terbuka akan membuat siapapun yang berada di dalam ruangan bisa memandang dengan bebas ke luar ruangan. 

3. Adanya jendela membuat sirkulasi udara bersih

Bagi anda yang mementingkan kesehatan, adanya jendela jelas menjadi sangat penting. Jendela bisa membantu memberikan peredaran udara yang lancar pada ruangan, sehingga udara lama yang berada di dalam ruangan dapat ditukar dengan udara baru yang lebih segar dan juga menyehatkan.

Itulah manfaat penting dari adanya jendela pada bangunan. Bila pada zaman dahulu bahan material yang digunakan untuk membuat jendela adalah bahan kayu, kini seiring dengan perkembangan waktu sudah banyak bahan alternative lain yang digunakan. Salah satu contohnya adalah bahan aluminium. Aluminium adalah salah satu dari sekian banyak alternatif bahan untuk kusen, pintu, dan jendela sebagai pengganti kayu yang paling cocok dan cukup ramah lingkungan karena bahannya dapat didaur ulang. Selain itu, aluminium memiliki sifat yang sangat ringan, tahan api, tahan karat, tahan air, kuat menghadapi perubahan cuaca, dan anti rayap.

Warna jendela aluminium tidak terbatas kepada warna asli aluminium (silver) tetapi sudah dapat diberikan pewarnaan dengan warna yang beragam lainnya. Ada 2 teknik pewarnaan aluminium yang biasanya dilakukan, yaitu anodizing dan powder coating. Pada teknik powder coating sendiri memiliki ragam warna yang cukup banyak. Contohnya warna putih, hitam, coklat, hingga motif urat kayu. 

Selain itu, ada banyak jenis jendela aluminium yang bisa dipilih untuk digunakan pada bangunan. Beberapa diantaranya, yaitu;

1. Casement Window (Jendela Casement)

Jendela ini memiliki keunikan dengan bagian engselnya yang tidak menempel pada kusen, tapi menempel pada sisi-sisi lainnya.  Fungsi engselnya yaitu tak hanya sebagai engsel tapi juga sebagai penahan daun jendela. Fungsi penahan engsel casement ini lebih baik karena bersifat fleksibel, sehingga anda bisa membuka daun jendela selebar yang anda inginkan.

2. Sliding Window (Jendela Geser)

Jendela ini terdiri dari dua daun yang disusun vertikal dan dioperasikan dengan cara digeser salah satu daun jendelanya secara vertikal. Untuk menambah kapasitas bukaannya sampai 100 persen, anda bisa membuat semacam rongga di atas atau bagian bawah jendelanya. Selain digeser secara vertical, jenis lain pada jendela geser ini bisa dibuka tutup dengan cara digeser secara horizontal. Untuk mengoperasikannya biasanya dibutuhkan rel pada bagian atas dan bawah kusen jendelanya. Jendela tipe ini memiliki prinsip kerja mirip dengan jendela ayun. Hanya saja, sisi jendela yang dikaitkan adalah sisi atas atau bawahnya.

3. Pivoted Window (Jendela Pivoted)

Ini adalah jenis jendela yang memiliki daun jendela yang dapat berputar 90 derajat atau 180 derajat secara horizontal maupun vertikal. Poros atau sumbu putar jendelanya biasanya tepat di setengah ataupun di sepertiga bukaannya. Jendela ini banyak dipakai di gedung-gedung bertingkat. Untuk hunian, jendela jenis ini biasa hadir dalam format high ceiling window.

4. Jalousie window (Jendela Jalusi)

Jendela ini memiliki pelat-pelat panjang horizontal yang tersusun rapat. Saat dibuka, pelat-pelat tersebut dapat bergerak secara bersamaan. Selain desainnya yang dapat dibuka tutup, jendela ini juga bisa dibuat statis. Jika dilihat dari fungsinya, jendela jenis ini lebih memiliki peran sebagai elemen bangunan yang berguna untuk memasukkan aliran udara ketimbang cahaya.

Itulah informasi mengenai fungsi dari jendela dan jenis-jenis jendela aluminium Tangerang dan pintu aluminium tangerang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *