Macam-Macam Asteroid

gambar asteroid

Asteroid terkadang disebut planet minor, yaitu sisa-sisa bebatuan yang tersisa dari pembentukan awal tata surya kita sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Jumlah asteroid yang diketahui saat ini adalah 958.832. Sebagian besar asteroid ini dapat ditemukan mengorbit matahari di antara sabuk utama asteroid Mars dan. Ukuran asteroid berkisar dari Vesta, yang terbesar dengan diameter sekitar 530 kilometer hingga benda-benda yang lebarnya kurang dari 33 kaki (10 meter). Massa total semua asteroid yang digabungkan kurang dari Bulan Bumi.

Sebagian besar asteroid berbentuk tidak teratur, meskipun beberapa ada yang hampir bulat, tidak beraturan dan berlubang. Ketika mereka berputar mengelilingi matahari dalam orbit elips, asteroid juga terkadang berputar tidak menentu dan kemudian jatuh. Lebih dari 150 asteroid diketahui memiliki bulan pendamping kecil (beberapa memiliki dua bulan). Ada juga asteroid biner (ganda) yaitu, dua benda berbatu yang berukuran hampir sama mengorbit satu sama lain. serta ada juga sistem asteroid rangkap tiga.

Komposisi

Ada Tiga kelas komposisi luas asteroid yaitu tipe C, S, dan M.

–          Asteroid tipe C (chondrite) merupakan asteroid paling umum, mungkin terdiri dari tanah liat dan batuan silikat serta memiliki penampilan yang gelap. Asteroid ini adalah salah satu benda paling kuno di tata surya.

–          S-type (stony) terbuat dari bahan silikat dan nikel-besi.

–          Tipe-M adalah logam (nikel-besi). Perbedaan komposisi asteroid terkait dengan seberapa jauh dari matahari yang membentuk asteroid tersebut. Beberapa mengalami suhu tinggi setelah terbentuk dan sebagian meleleh, dengan besi tenggelam ke tengah dan memaksa lava basaltik (vulkanik) ke permukaan.

Gravitasi planet Yupiter yang besar sesekali dapat membuat pertemuan yang dekat dengan Mars atau objek lain sehingga mengubah orbit asteroid dan menjatuhkannya dari sabuk utama dan melemparkannya ke luar angkasa ke segala arah melintasi orbit planet-planet lain.  Para ilmuwan terus memantau asteroid penyeberangan Bumi, yang jalurnya memotong orbit Bumi, dan asteroid dekat Bumi yang mendekati jarak orbit Bumi dalam jarak sekitar 45 juta kilometer dan dapat menimbulkan dampak bahaya. Untuk mengamati asteroid tersebut, para ilmuwan menggunakan Radar yang merupakan alat paling berharga dalam mendeteksi dan memantau potensi dampak bahaya. Dengan memantulkan sinyal yang ditransmisikan dari objek, gambar dan informasi lainnya dapat diturunkan dari suara gema. Para ilmuwan dapat belajar banyak tentang orbit, rotasi, ukuran, bentuk, dan konsentrasi logam asteroid.

Klasifikasi Asteroid

Sabuk Asteroid Utama

Mayoritas asteroid mengorbit di dalam sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter, umumnya dengan orbit yang tidak terlalu panjang. Sabuk itu diperkirakan mengandung antara 1,1 dan 1,9 juta asteroid yang berdiameter lebih dari 1 kilometer, dan jutaan yang lebih kecil.

Trojan

Trojan merupakan Asteroid yang berbagi orbit dengan planet yang lebih besar tetapi tidak bertabrakan dengan planet tersebut karena mereka berkumpul di sekitar dua tempat khusus di orbit yang disebut titik Lagrange L4 dan L5. Dimana tarikan gravitasi dari matahari dan planet ini diimbangi oleh kecenderungan trojan untuk terbang keluar dari orbit.

Near-Earth Asteroids

Benda-benda ini memiliki orbit yang melintas dekat Bumi. Asteroid yang benar-benar melintasi jalur orbit Bumi dikenal sebagai pelintas Bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *