Objek Wisata Yang Menarik di Indonesia

Di social media seperti IG dan twitter, tidak sedikit yang mengeluhkan karena tidak betah bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama lockdown maupun PSBB. Ada juga yang mengeluhkan karena selama di rumah masing-masing memang sudah tidak ada pekerjaan sama sekali. Apabila Anda dari golongan orang yang sedang stress saat musim wabah COVID-19, mungkin Anda sudah memimpikan untuk mengunjungi banyak tempat menarik pasca pandemi untuk merayakan “kemerdekaan” Anda.

Selagi lockdown maupun PSBB belum berhenti, silakan simak beberapa destinasi wisata Indonesia yang harus didatangi pasca pandemi berikut,

Tujuan Wisata Air Terbaik

Di beberapa daerah di Indonesia mempunyai hawa terik selama masa pandemi. Hal ini membuat orang-orang tidak nyaman berdiam diri di kost atau rumah. Apabila Anda termasuk orang yang merasa harus tahan sumpek selama pandemi, piknik ke destinasi wisata air pasca pandemi bisa menjadi pilihan yang paling tepat. beberapa tempat berlibur air terbaik yang harus dikunjungi.

Pantai di Gunungkidul

Gunungkidul menjadi salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten yang satu ini sudah banyak dikenal karena wilayagnya yang tandus, bahkan ada beberapa wilayang hamper kerap mengalami kekeringan selama musim kemarau. Namun, dibalik kekurangan tersebut, ada banyak pantai yang bagus dan terkenaltersohor sampai ke seluru penjuru negeri. Beberapa pantai yang cukup terkenaltersohor di kabupaten ini antara lain Pantai Wediombo, Pantai Drini, Pantai Nglambor, dan Pantai Slili.

Beda jauh dengan Pantai Parangtritis yang punya pasir warna hitam, pantai-pantai tersebut punya pasir putih. So, bila menginginkan berkunjung ke pantai, pantai-pantai tersebut harus disambangi.

Curug Kedung Kayang

Tidak cocok dengan pantai? Apabila tidak terlalu menyukai untuk berwisata ke pantai, Anda mungkin cocok untuk mendatangi curug atau air terjun. Salah satu curug yang wajib Anda datangi ialah Air Terjun atau Curug Kedung Kayang yang berada di Dusun Nagrong, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jateng.

Curug Kedung Kayang berada di daerah yang masih asri. Di sekitarnya pepohonan menyejukkan. Sedangkan curug atau air terjun tersebut bermuara ke beberapa sungai berair sangat jernih, sangat cocok untuk mandi. Suasana di sekitar air Terjung Kedung Kayang pas untuk melarikan diri ke suasana damai dan sejuk untuk menenangkan diri.

Tak jauh dari curug tersebut dibangun rumah pohon. Posisi rumah pohon yang lebih tinggi dibanding air terjung. Membuat Anda mampu melihat puncak curug dan pemandangan di sekelilingnya secara luas. Bagi penggemar fotografi, destinasi ini adalah spot terbaik untuk memotret pemandangan di sekitar air terjung tersebut.

Tiket untuk masuk ke tempat wisata curug atau air terjun Kedung Kayang murah sekali yaitu Rp 6.000. Akan Tetapi, haraga tiket bisa mengalami perubahan sewaktu waktu.

Danau Kelimutu

Sudah cukup membahas destinasi liburan air di Pulau Jawa. Yuk kita geser ke wilayah lain yang juga bagus, yaitu Pulau Flores yang masuk bagian Provinsi Nusa Tenggara Timur.  Salah satu tempat wisata Indonesia timur yang berada di NTT tersebut adalah Danau Kelimutu, tepatnya berlokasi di Gunung Api Kelimutu, Kabupaten Ende.

Danau ini disebut juga danau tiga warna yaitu biru, hijau dan merah. Danau ini sebenarnya adalah kawah, jadi orang sekitar menamakannya “Kelimutu” yang berasal dari kata “Keli” yang artinya gunung, dan “Mutu” yang artinya mendidih.

Untuk dapat menikmati indahnya Danau Kelimutu Anda patut naik ke Gn. Berapi Kelimutu telebih dulu. Tidak bisa ditempuh memakai kendaraan. Namun tidak usah panik, ketinggian Gunung Kelimutu tidak seberapa jika dibandingkan Gunung Merbabu, Merapi atau gunung berapi lain di Jawa yang sudah kerap menjadi tujuan mendaki. Tingginya kira-kira hanya 1.639 meter, cukup pendek, bukan? So bila Anda belum pernah mendaki gunung, tidak perlu khawatir.

Tujuan Wisata Gunung Indonesia

Tidak hanya wisata air, Indonesia mempunyai tujuan liburan lain berupa pegunungan gunung atau . Tentu terasa sangat membahagiakan untuk orang yang menyukai suasana dingin, pepohonan, dan udara yang bersih. Bahkan tidak sedikit memilih mendaki gunung hanya untuk healing. Pegunungan dirasa memiliki daya tarik tersendiri dijadikan tujuan wisata.

Apakah Anda belum pernah mendaki gunung sama sekali? Bila Anda belum berpengalaman, berikut ini alternatif gunung dengan tinggi yang tidak sebarapa bisa Anda coba daki.

Gunung Andong

Gunung Andong yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah sesungguhnya adalah sebuah bukit. Memiliki ketinggian sangat cocok buat Anda yang baru pertamakali mendaki, yaitu sekitar 1.731 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Untuk mencapai puncaknya membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam untuk pemula. Bagi Anda yang sudah sering hiking yang lebih tinggi, pasti Anda bisa sampai puncak kurang dari 3 jam.

Gunung Temoloyo

Masih berada di Magelang, gunung yang memiliki ketinggian yang dapat dicapai pemula berikutnya ialah Gunung Telomoyo. Gunung Temoloyo ini berada di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Memiliki ketinggian hampir sama dengan Gunung Andong kurang lebih 1.894 di atas permukaan air laut (mdpl).

Gunung Prau

Bila merasa kurang greget untuk mendaki gunung yang lebih tinggi jika dibandingkan kedua gunung tersebut, Anda dapat coba Gunung Prau yang berada di antara Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang dan Kabupaten Wonosobo di Jawa Tengah. Gunung ini Memiliki ketinggian 2.585 di atas permukaan air laut (mdpl).

Anda bisa pilih satu jalur pendakian berikut ini:

  • Untuk Anda yang akan mendaki start dari Kabupaten Batang, Anda dapat lewat jalur Pranten, Kecamatan Bawang
  • Bagi yang akan melewati Kabupaten Wonosobo, Anda bisa coba jalur Patak Banteng, Dieng, Kecamatan Kejajar.
  • Untuk Anda yang akan mendaki melewati Kabupaten Kendal dapat mendaki melewati jalur Kenjuran.

Tempat Wisata Romantis

Bila Anda ingin piknik dengan pasangan Anda, destinasi piknik romantis ini perlu Anda kunjungi.

Bukit Cinta

Bukit Cinta atau Love Hills adalah salah satu bukit yang berada di Gunung Bromo, Jawa Timur. Bukit Cinta atau Love Hills menjadi tempat paling baik di Gunung Bromo untuk menikmati indahnya matahari terbit atau sunrise. Untuk sampai ke Bukit Cinta, Anda bisa mendaki Gunung Bromo lewat Kab. Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang maupun Kab. Malang.

Ranu Kumbolo

Berpindah ke Gunung Mahameru yang masih sekawasan geopark dengan Gunung Bromo. Disana ada danau yang memiliki pemandangan malam yang sangat indah bernama Ranu Kumbolo. Di sana Anda bisa menyaksikan fenomena alam milky way yang begitu indahnya. Tidak hanya itu, di pagi hari pun pemandangan di dekat danau hampir sama dengan luar negeri.

Tempat Wisata Sejarah

Jika Anda ingin untuk melakukan wisata edukasi, keputusan datang ke tempat wisata sejarah adalah pilihan yang paling tepat. Berikut beberapa tempat wisata sejarah yang perlu disambangi.

Lawang Sewu

Lawang sewu atau Rumah Seribu Pintu adalah tujuan piknik sejarah yang ada di Semarang, Jawa Tengah. Museum ini sempat terabaikan sehingga kini terasa sekali ada kesan mistis. Akakn tetapi, sekarang Lawang Sewu sudah diubah menjadi museum. Walaupun sudah banyak pengunjung, mitos-mitos yang telah melekat pada tempat wisata ini tetap melekat.

Candi Ijo

Apakah Anda ingin mendatangi candi selain Candi Borobudur dan Prambanan? Candi Ijo perlu masuk di daftar destinasi wisata sejarah yang akan Anda kunjungi. Candi Ijo merupakan salah satu candi Hindu. Ia ada di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Pusat Kota Jogja, Anda perlu melalui perjalanan kurang lebih 18 kilometer. Jika mengendarai motor, Anda akan memakan waktu satu sampai satu setengah jam.

Tujuan Wisata Hits Tahun Ini

Bila ingin berkunjung ke tempat wisata yang keren, sedang hits, seru dan instagrammable, berikut ini tempat wisata berikut.

Jogja Bay

Jogja Bay adalah wisata air yang terletak di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Mirip dengan Ancol, Jogja Bay di sini ada berbagai macam wahana permainan air.

Jogja bay juga merupakan wisata air besar pertama di Provinsi D.I. Yogyakarta, maka tak heran bila water park ini selalu ramai apalagi ketika musim liburan.

Anda bisa mendatangi Jogja Bay mulai pukul 09.00 hingga 16.00 dengan membeli retribusi seharga 90 ribu saat hari biasa dan 100 ribu {libur|akhir pekan|liburan|saat weekend.

Saloka Park

Saloka park adalah taman bermain seperti halnya Dufan. Ia berada di Kabupaten Salatiga, Provinsi Jawa Tengah. Dibuka mulai jam 10 pagi hingga jam 8 malam. Sebagai tiket masuk wisata ini Anda harus merogoh kocek mulai dari Rp120.000 sampai Rp150.000.

Malang Night Paradise

Malang Night Paradise adalah tempat hiburan di malam hari. Di sana Anda dapat menikmati indahnya cahaya-cahaya lampu dari berbagai jenis objek yang dibangun sedemikian rupa sampai memiliki kesan romantis.

Anda dapat mengunjungi Tempat ini mulai jam 6pm hinga 11pm. Supaya dapat menikmati pemandangan cahaya di tempat tersebut, Anda cuma butuh membayar kurang lebih 50 ribu rupiah saat week day dan 100 ribu rupiah saat week end.

Itulah daftar tempat wisata yang wajib Anda kunjungi pasca pandemi. Selama wabah pandemic belum usah, siapkan saja anggaran dana sebanyak mungkin untuk bisa mengunjungi {tempat wisata|tempat-tempat wisata tersebut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *